Kenapa?.... #Day1 #BPN30dayChallenge2018



Kenapa Menulis Blog?

Sebelum masuk ke pertanyaan kenapa menulis blog?. Kayaknya lebih enak buat cerita asal-usul saya kok tiba-tiba sekarang pengen dan berharap banget selalu bisa aktif dan berkontribusi banyak ya di dunia blog. Hehe, apalagi setelah kenal komunitas Blogger Perempuan ini, makin tambah semangat. Alhamdulillah aamiin ya, moga-moga bisa istiqomah. Asyek.

Halo. Ini kali pertama saya ikutan challenge menulis di blog selama 30 hari yang diadakan oleh komunitas Blogger Perempuan. Hehe. Baru ketemu sama akun @bloggerperempuan dua hari yang lalu. Tanpa mikir panjang ikut/gak, langsung deh registrasi biar bisa jadi member dari komunitas ini. huhuu. Alhamdulillah.

Jadi, kembali ke rencana awal adalah mengupas sekilas asal usul nge-blog dan masih mau bertahan sampai detik ini, dan yang masa mendatang. Hasyek. Ada yang mau baca ga ya? huhu. Ada ya ada ya. Wk.

2014. Semenjak hijrah ke Malang perubahan idup bener-bener kerasa #ngerasagitu. Hehe. Kerasa banget kalau udah banyak sekali yang tertinggal dari diri ini terkait perkembangan-perkembangan yang ada baik dari pendidikan, kesehatan, gaya hidup, makanan, apalagi teknologi yang semakin masyaAllah. Dulu aja udah gitu, sekarang lebih luar biasa perkembangan teknologinya. (ini penting ga sih? haha :D)

Kenal blog ya pas akhir-akhir 2014. 2015 udah mulai mencoba memposting beberapa kata yang jadi kalimat jadilah cerita. Bahkan, masuk sebagai resolusi tahun 2015. Tapi apalah daya, rupanya buat konsisten itu mah sulit banget. Rasanya banyak sekali hal lain yang harus dikerjakan dan diselesaikan sampai tak memikirkan isi dari blog yang akan upload. Dan bener, bertahan untuk aktif di blog cuman awal tahun saja. Lalu, berhenti berbulan-bulan, kemudian setelah lama ditinggal merasa kehilangan. Kembali aktif lagi. Lalu berhenti berbulan-bulan lagi. Aktif lagi. Gitu aja seterusnya. Hal serupa juga berlaku ditahun 2016, 2017, juga 2018. Untuk tahun 2018, sedikit lebih tegas sama diri sendiri, rencananya gitu. Ya salah satunya ini ikutan challenge dari Blogger Perempuan. Biar bener-bener kecapai itu resolusinya tahun ini, yaitu aktif nulis di blog. Doakan- ya-guys. Aamiin. Huhu.

Akun blog yang sekarang sering dipakai adalah akun yang kedua, karena yang pertama lupa sama kata sandinya sama emailnya yang dipakai. Ya lupa gara-gara lama sekali tidur panjang dan istrahat dari dunia blog dulu-dulu. Parah sih, emang. Selain itu, dulu juga banyak bikin platform-platform lainnya. Semacam tumblr, malah lebih dari 2 akun. Haha. dan sekarang, lupa semua sama akun-akunnya. Lupa email sama password karena kebanyakan akun yang dibuat. FB lah, IG lah, dll. Emang dah, susah banget buat pakai satu aja, yang ada maunya diraup semua. Walhasil begitu deh, ga ada yang saya jadikan fokusan. Bercabang-cabang sehingga bingung dan pusing sendiri. Banyak platform yang dipakai, malah ga berisi. Tidak baik ini ya, hehe. Tapi kalau teman-teman semua sanggup ya bole-boleh saja. Malahan bagus. Iya begitu pokoknya.

2018, makin banyak berbagai macam platform yang disediakan, dan juga kece-kece dan keren sekali. Tergoda saya untuk membuat dan menggunakan platform2 baru itu? iya tergoda :D bahkan udah instal aplikasinya tapi tak jadi dipakai karena udah mau komit sama blog dulu deh. Mau setia dan belajar mencintai dunia blog dan seisinya dulu. Healah. Aamiin.

Nah, begitulah singkat ceritanya. Ga penting ya? Hahaha. Masih berminta membaca lagi ga guys? Yaudah, saya lanjut aja ya ke pertanyaan berikutnya, wkwkwkwk. Makasih sebelumnya.

Kenapa Menulis BLOG?

Kenapa ya?

Yang jadi alasan kenapa menulis adalah karena saya tidak pandai sekali dalam bercerita, bercerita secara langsung, bertatap muka, melihat orangnya langsung, alias berinteraksi langsung dengan orang-orang. Syusah sekali untuk sedikit bercerita langsung tentang kejadian bahagia, sedih, kecewa, terluka, kesal, menyenangkan, atau ngomongin cerita inspirasi dari orang lain. Ga bisa spontan. Ga bisa bercerita berurutan sebab-akibat atau sebaliknya. Dan, pilihan kata yang muncul di otak itu banyak sekali rasanya. Jadi gagap gitu, dan banyak aaaa eeee uuuu iiii nya gitu. Dan, ya cuman dengan menuliskannya dulu barulah bisa enak dan lega rasanya. Karena saya bisa milih kata yang paling pas, dan paling nyambung. Bisa dihapus kalau ga cocok. Yang dirasa bener-bener bisa ke gambar dalam bentuk tulisan. Yang nge-baca bisa dapat feelnya juga.

Ya begitulah. Paling ga bisa bercerita langsung ke orang, dan bikin orang lain salah paham menilai diri saya, hahaha. Jadilah dikenal Kalem, pendiam, ya padahal ga sama sekali. Ga banget. Ga gitu. Aslinya mau cerewet dan ikut nimbrung obrolan yang lain, cuman ya saya biasanya orang ga spontanitas, butuh adaptasi panjang. Butuh mengerti karakter lawan bicaranya dulu. Biar saya bisa masuk dan ikut serta dalam alur obrolan itu. kalau ga gitu, saya emang biasanya milih cuman diam dan diam dan diam. Jadilah husnul pendiam, husnul kalem, dan dll. WKWKWK. Kok saya jadi curhat gini. Maap Maap yaaaa.

Menulis di blog? 
Karena diplatform yang lainnya ga bisa dibuat untuk cerita-cerita panjang. E ada sih, cuman ga sreg aja, sama blog aja maunya. Hahha. Kan mau komit dengan blog. Haseyk.

Nge-blog itu bikin diri ini merasa lebih waras lagi menghadapi semua pikiran yang ada dari bentrokan hati dan otak. 

Nge-blog itu jadi hiburan, merasa bebas dan menyenangkan.
Blog. Tempat cerita dan mengeluhkan segalanya. Menyampaiakan apa-apa yang mau saya sampaikan kepada diri saya sendiri, juga kepada yang lainnya.

Nge-blog itu semacam saya mengingati diri sendiri, beginilah nul, begitulah nul. Hidup kayak gini, orang-orang yang ditemui, yang pergi, yang baik, yang tulus itu kayak gini. Nulis-nulis gitu ya sebenarnya nasehatin diri sendiri, ingetin lagi diri sendiri, untuk selalu bisa memaknai hidup ini bener-bener. Ga asal-asalan, ga ikut-ikutan. Belajar. Belajar. Dan belajar lagi intinya. Hwah.

Kalau ada yang ikutan suka atau ikutan merasakan hal yang sama dari apa yang pernah saya ceritakan di blog selama ini, bersyukur banget. Ya, secara tak langsung pengen bilang, kamu ga sendirian kok merasakan hal itu, saya juga, dia juga, mereka juga, merasakan hal yang sama. kamu ga sendirian, percaya deh. Bahkan diluar sana yang punya masalah lebih dari ini banyak.

Intinya seneng banget kalau bisa nyelesain ceritanya. Trus ke-upload. Ada yang baca, dan ikutan seneng juga, apalagi kalau ngasih komentar. Huhuhu. Senang banget yeah..

Blog.
adalah tentang cara bagaimana menyampaikan yang paling (ia) suka.

Begitulah. Bye.

#kenapamenulisblog #BPN30dayChallenge2018 #bloggerperempuan #nulisajadulu #nulissajalagi #nulissajaterus #khusnulkhatimah  



Komentar