5 Aktivitas Sebagai Bentuk Self Love Saat Weekend.

 

Dulu, saat SMP merasa heran juga bertanya-tanya tentang satu hal yang sering terlihat di berita-berita TV. Kemacetan sepanjang jalan menuju tempat wisata/hiburan setiap hari sabtu-minggu.

"Kenapa kok pada main hari sabtu-minggu?" 

Sebuah pertanyaan polos saya yang dimana tiap  hari adalah sama. Mau weekend, long weekend, weekday, tidak ada agenda tertentu.

"Kan mereka tiap senin-jumat kerja. Jadi, ga ada waktu untuk main kecuali di sabtu-minggu. Orang-orang di desa, tidak berlaku definisi tanggal merah, tanggal hitam, tanggal ungu. Kalau di kota-kota beda." jawabannya mengenang hingga detik ini.

Dan ternyata, memang begitu ya. Hahaha. Saya akhirnya mengerti penuh kenapa weekend apalagi long weekend sangat berharga sekali bagi manusia-manusia yang menghabiskan 5 hari lainnya dengan aktivitas kerja dari pagi hingga menjelang sore, bahkan malam. Tsahhhhhh...

Karena begitu berharganya dua hari tersebut, banyak yang memanfaatkan dengan melakukan hal-hal menarik (menurut masing-masing orang).  Salah satunya adalah berwisata ke tempat-tempat hiburan. Refreshing. Bisa bertema-kan alam hijau, wahana bermain, atau sekedar ke pusat perbelanjaan. 

Seiring berjalannya waktu, dalam beberapa kali weekend sejak bulan kemarin saya memutuskan untuk satu hari saja libur dari mengendarakan motor. Yang berarti gak keluar sama sekali dari rumah kecuali keadaan mendesak. 

Saya menemukan apa yang bisa dilakukan selama stay di rumah. Beberapa rutinitas yang tidak pernah disadari betapa menyenangkannya dilakukan secara berulang-ulang. Simpel, hemat, dan santai.

Self Love. Saya menyebutnya sebagai cara mencintai diri sendiri. Saya tidak ingin mengatakannya ini murah meriah alias budget dikit. Karena kondisi masing-masing berbeda. Walaupun sebenarnya emang beneran murah. Lho. Hehe. Murah bagi saya, belum tentu murah bagi yang lain. Tapi, ditulisan kali ini, saya ingin berbagi 5 hal Self Love yang bisa dilakukan saat weekend. Sebagai berikut. Check!!!

1. Merawat Diri.

Merawat diri sebenarnya gampang-gampang-susah. Gampang prosesnya, susah mulainya. Nah. Kalau bisa, gampang-gampang-gampang ya. Hal yang mau dirutinkan adalah maskerin wajah dengan bahan-bahan super simpel dan terjangkau. Dan, dulu pas ada madu, biasanya cuma pakai madu. Setelah madu habis, beralih ke putih telur dan susu bubuk putih. Rasanya sehabis masker, berasa seger kulit-kulitnya. Meni-pedi-care sendiri di rumah sendiri pokoknya. 

2. Membersihkan Kamar dan Menata Barang.

Merasakan juga hal ini gak? Kalau suka kebawa malas mau ngapain-ngapain kalau semisalnya kamar masih berantakan dan tidak rapi. Jadi, kalau mau belajar, nonton, atau sekedar leha-leha sambil baca buku, sebisa mungkin ngerapiin kamar dan menata barang. Kalau iya, mari kita tosss online ya. Percayalah, ketika kamar dan sekeliling rapi, isi kepalanya lebih plong, hati jadi riang, dan bisa membaikkan mood. 

3. Baca atau Nonton. 

Kalau pengen baca buku seharian, bacalah. Kalau pengen nonton seharian, nontolah. Inget, hari libur adalah milik sendiri untuk self love alias ngelakuin hal-hal yang disukai setelah hari-hari sebelumnya diajak bekerja dan berpikir. Tapi ini pilihan, di sesuaikan dengan kegemaran masing-masing. Suka bermain musik? Ya main. Suka bersepeda, pagi-pagi keliling kompleks. Bebaskan. Bebaskan diri walaupun hanya 1 jam.

4. Memasak.

Yakin sih kalau tipe-tipe yang jarang atau gak hobi masak atau seringnya males masak pas weekday walaupun sudah bangun pagi, di hari weekend nya akan coba memanjakan indra perasa dengan menu masakan sendiri karena merasa memiliki waktu yang cukup luang. Karena, tipe-tipe yang masaknya beberapa kali dalam seminggu suka merasa tanggung kalau ada waktu dan itu mepet dengan aktivitas lain. Haha. Boleh ga setuju kok sama pendapat ini. Tapi, saya biasanya begitu. Huwah. Waktu luang untuk masak ada, tapi masaknya pun ga muluk-muluk. Hanya menu paling sederhana, jadi pilihan. Adalah Nasi Goreng. Bumbunya, ya bumbu jadi. Hehe.

5. Merapikan Lemari dan Mencuci Pakaian.

Pekerjaan semua insan. Bahkan slogan "hari minggu adalah hari mencuci sedunia" sudah tidak asing lagi terdengar oleh telinga. Merapikan lemari juga ya, walaupun hanya diri sendiri yang sering melihat isi lemari, tetap dijaga kerapiannya. Isi lemari rapi, bikin mood baik terjaga ketika membuka lemarinya. I feel it, soalnya. 

Gituuuu dehhh...selamat hari libur buat yang libur. Yang masih tetap kerja, happy dan semangat ya. Kalian hebat, juga kuat💛.

Kalau kamu, self lovenya gimana? 

Komentar